Kamis, 15 Oktober 2009

Dandan Suka-suka Tralalala



Apakah bermake-up alias dandan tuh termasuk bagian dari fashion lifestyle? Ternyata, ya! Fashion itu nggak cuma mematut-matut kombinasi baju, tapi termasuk juga soal dandanan. And this is one more fun thing as being a girl! Bisa bebas bermain “lukis-lukis” wajah tanpa dipandang miring oleh siapapun dan bisa bebas koleksi aneka perangkat make-up yang lucu-lucu.


Gw suka dandan sejak mengenal apa itu compact powder waktu SMP kelas 2. Meski masih sebatas bisa pake bedak muka ke sekolah waktu itu, gw udah tertarik belajar make-up sendiri sejak itu. Waktu itu merek compact powder yang gw pake adalah Pigeon. Standar lah....ABG-ABG cewe seumuran gitu pada awalnya pasti baru mulai nyoba pake merek bedak bayi, hihihihi. Seiring pertambahan umur, konsumsi perangkat maupun merek make-up pun mulai konsumtif. Waktu SMA, gw udah mulai nambahin pake lip-gloss ke sekolah, meski masih yang warna nude atau pink tipis. Oya, gw juga udah kenal body-spray dari SMP. Waktu itu, sehari-harinya gw selalu pake merek Impulse Body Spray. Sekarang, gw perhatiin, merek Impulse ini malah jadi merek mahal yang cuma masuk ke drugstore ya? Padahal, waktu jaman gw SMP, merek ini setara kayak Rexona lho. Dijual bebas di supermarket-supermarket biasa.


BTW, gw nggak minded sama merek kosmetik tertentu. Gw cukup hoki karena punya jenis kulit yang “bebal”, alias jarang bermasalah dan nggak problem pake merek apapun. Merek mahal OK, merek murah pun hayuuuuk....! Meski begitu, gw tetep menjaga kesehatan kulit gw dengan nggak sembarangan beli kosmetik yang nggak jelas pabrik produksinya. Misalnya, kayak merek Clinique palsu atau kosmetik-kosmetik Cina murah yang suka dijualin di emperan kakilima gitu. Mentang-mentang kulit gw bebal, bukan berarti gw mau aja pake produk-produk kayak gitu. Ngeri juga lah kalo ternyata kosmetik yg gak jelas itu mengandung bahan berbahaya yang justru bisa merusak kecantikan kulit gw, hehehe....Merek murah tapi mutu bagus yang masih OK gw pake adalah Viva untuk produk pembersih dan tonernya. Kalo yang mahal sih, tergantung mood gw...hehehe. Hari ini bisa gandrung MAC, besok bisa kepengen L’occitane ^^


Nah, enaknya punya kulit bebal begini adalah: gw bisa bebas punya koleksi make-up berbagai merek. Misalnya: pake foundation Etude, bedak tabur PAC, compact powder Pixy, eyeliner Kanebo, mascara Maybelline, eye shadow Marks & Spencer, shimmer The Body Shop, blush-on Oriflame, lipstick MAC etc. Kulit muka gw termasuk jarang jerawatan dan jarang alergi. Mungkin karena jalan hidup gw yang cukup keras, jadi efek ke kulit pun jadi kebas juga ya...hihihihi (jadi OOT curcol dikit nih). Foto-foto yang di sini baru sebagian kecil dari koleksi make-up kit gw, lhoooo. Huehehehe.....gw emang shopaholic dan cosmeticaholic.


Tanpa terasa, koleksi perangkat make-up gw makin lama jadi banyak juga. Repotnya lagi, produk kosmetik belakangan ini makin ‘aneh-aneh’. Buat mata aja, bisa ada lebih dari 5 macam perangkat kayaknya (eye liner, eye shadow, maskara, eye shadow-base, shimmer, fake eyelash, eye concealer, eyelash curler....you named it!). Tuntutan konsumerisme ‘kali, ya? Lucunya lagi, walau udah punya banyak gitu, kita masih aja tetep seneng nambah yg baru. Hayooo....ngaku aja deh, cewek mana yang nggak kayak gitu? Gw sih ngaku, lho...nggak mau muna’ :D Cewek sejati mana yang bisa tahan ngeliat kemasan kosmetik produksi baru yang makin cantik dan cute?


Sejauh pengamatan gw, kayaknya kosmetik yang lagi booming belakangan ini adalah merek-merek kosmetik Korea. Mungkin dipengaruhi tayangan-tayangan drama TV yang sekarang banyakan dimonopoli drama Korea. Speaking of cute cosmetics, Korea adalah ratu-nya kemasan kosmetik nan cantik! Liat aja deh merek-merek yang udah ada di pasaran: Etude, The Skin Food, The Face Shop, Missha, VOV. Semuanya berlomba menampilkan “performance” seindah mungkin untuk menarik konsumen cewek. Dan menurut survey kecil gw, jawara ratu kosmetik Korea sejauh ini masih dipegang oleh merek Etude yang emang punya konsep dagang berjiwa cewek abis. Liat aja aneka kemasannya yang cantik, butiknya yang very pinky dan penuh pritilan kesukaan cewek sampe ke seragam SPG-SPG-nya. Apalagi, Etude berani banget menggandeng artis & aktor Korea yang lagi naik daun buat jadi brand-ambassador mereka. Contohnya: dulu Etude ngegandeng Song Hye Kyo yang lagi nge-top, sekarang dia narik Lee Min Ho dari serial Boys Before Flowers buat jadi image Etude’s boyfriend. Nggak heran deh kalo cewek-cewek kayak kita pasti kepincut sama produk-produknya Etude. Padahal kalo ditilik dari harga....uuuuh....bisa bikin dompet cepet kurus. Untuk (sekedar) range kawasan Asia, harga kosmetik Etude setara dengan harga kosmetik MAC yang udah men-dunia.


Gw ngaku diri kena juga sih ‘dihipnotis’ sama Etude, hehehe. Belakangan ini gw emang lagi demen pake produk ini. Soalnya ternyata, Etude emang nggak cuma gembar-gembor kemasan cantiknya tapi kualitas produknya tuh emang bagus banget. Nggak heran harganya selangit. Worth it, sih...antara harga dan mutunya; menurut gw (meski tetep aja bikin pengen nangis mahalnya). Bedaknya aja sekali dipake, tahan dari pagi-sore. Meski gw ‘meleleh’ keringetan pun, bedaknya relatif masih kuat nempel di muka. Gw juga suka body-lotionnya karena wanginya enak banget dan nggak pasaran. Saat gw nulis blog ini, gw lagi menunggu pesanan Speedy Total Base gw yang udah abis dan pesen Peach Skin Pact lagi buat persediaan. Gw juga pesen body-mist Bijou Babyblue kayak yg di gambar ini; lagi pengen nyoba aja. Biasanya pake yang Sweet Heart....semoga yang ini pun enak!


Oya, gw emang kalo beli Etude selalu lewat online shipping. Soalnya, kalo beli langsung di butik Etude di Jakarta, harganya bisa melonjak 2-3 kali krn kena pajak toko, pabean, dll. Gw pernah liat di Etude MTA dan Etude Puri Mal, harga Skin Pact yang biasa gw pake udah mendekati Rp 400 ribu...gludaaak!! Emang lewat E-bay gitu rada lama nunggu barangnya sampe, tapi sama aja dgn yang di toko koq. Gw sih don’t mind...yg penting estimasi perkiraan aja seandainya persediaan kita udah mau abis dan perlu pesen lagi. Enaknya belanja online, nggak perlu menghadapi mbak-mbak SPGnya yang nyebelin. Abis, suka memandang sinis ke tamu yang baru masuk dan kita diikutiiiin......terus setiap langkah. Jadi berasa dikuntit stalker. Jujur aja, gw emang sebel sama mbak-mbak SPGnya butik Etude yang kayak kurang di-didik gitu. Udah nggak pernah ada senyum, tingkahnya juga kayak polisi ngincer maling terhadap tamu. Padahal, seragam mereka ‘kan cantik dan lucu ya...tapi, kelakuan nggak cantik kayak bajunya! Gw sering berasa risih...apalagi suka juga dirayu membeli produk lain yang sebetulnya bukan target gw. Gw ini tipe orang yang kalo belanja selalu maunya beli barang yang gw butuh. Reseh deh kalo diikutin terus atau dirayu-paksa suruh beli yang bukan-bukan. Mungkin maksud pelayanan mereka yang ngikutin tamu begitu agar selalu siap sedia kalo ditanya, ya. Tapi, kalo ngikutinnya dengan wajah ditekuk, ‘kan berasa nggak nyaman?! (eh...koq jadi curhat, ya? hihihi....)


Alternatif merek kosmetik bagus yang murah menurut gw adalah: Pixy! Gw rekomendasikan bedak-bedaknya kayak Two Way Cake, Compact atau Perfect Creamy Cake. Untuk sehari-hari, gw selalu pake bedak Pixy (krn kalo pake Etude ‘kan mahal, jadi rada di-hemat). Meski murah, kualitas bedak Pixy boleh dibilang sama dengan merek Etude atau MAC (menurut hasil uji di kulit gw!). Mungkin karena tehnologinya base-on Jepang yaaa....jadinya kualitas bintang lima, meski harga bintang tiga :D Butiran bedaknya erat nempel di kulit. Kalo buat foto studio atau pesta kostum, biasanya gw lebih sering pake bedak Pixy yang Two Way Cake, karena udah kombinasi dgn foundation. Tinggal basahin spons saat pake bedaknya di wajah, maka dia udah berfungsi jadi foundation. Kalo mau yang lebih berat, pake yang Creamy Cake. Ini teksturnya kayak krim, pekat dan sedikit lengket. Tapi buat yang ogah make-up tebal karena terasa menyumbat pori-pori kulit, cukup pake yang Two Way Cake aja. Merek La Tulipe sebenernya juga lumayan bagus. Tapi gw sulit menemukannya di daerah deket rumah. Kalo Pixy; selalu stand-by tersedia di mini market kayak Alfamart, apalagi di Carrefour.


BTW busway, gw belajar make-up secara otodidak. Info-info dandan yang suka ada di majalah gw pelajari, diikutin dan kadang gw improvisasi dengan kreasi plus trik gw sendiri. Gw nggak pernah ikut kursus rias apapun. Yg penting udah bisa dandan sendiri tanpa perlu bantuan, itu udah OK. Daripada nyewa perias, mendingan duitnya ditabung buat beli perangkat make-up yang lucu-lucu...hehehe. Sebenernya, duluuuu waktu gw masih baru lulus kuliah, gw pernah hampir diterima kerja di studio MakeUp Forever Plaza Indonesia. Gw dinyatakan lulus setelah praktek demo rias langsung yang diliatin oleh supervisornya yang orang Perancis. Too bad....kabar kelulusan itu gw terima saat gw udah mulai kerja di perusahaan penerbitan (yang juga gw kirimin CV job-apply saat itu). Jadi, masalah selisih waktu doang. Sebenernya, gw pengen juga bisa jadiin keahlian gw merias wajah ini sebagai profesi sampingan. Maybe someday.


Well, segini dulu lah ngalor-ngidul soal hobi dandan gw. Gambar di sini kebanyakan gw comot dari advertising Etude...hehehe (kecuali yg perangkat-perangkatnya; itu sebagian koleksi gw beneran). Abis, iklannya cantik-cantik sih. Gw jadi kepengen eksperimen lagi sama koleksi make-up gw....kapan-kapan (kalo ada waktu kosong seharian, hehehe).

5 komentar:

  1. wow buanyak skali foto2nyaaaaaaaaaaaaaaaa
    keren bisa make up spt itu
    Aku sebenernya 'mulai' suka , tp masih belajar. Gara2 cosplay jg aku mau dandan. lol

    walah BBF dibawa2. ehehehe

    NIce blog btw ^^

    BalasHapus
  2. wahhhh ngeliat foto yg etude, ajib bgt tuh bedak *o*..... beli dimana ci mia, aq agak ragu kalo di OL shop ^^!.....

    yoshhhhh aq aza bedak ada 3 tapi lagi demen yg mineral (coba l`oreal - bener2 menutup noda ^^V)..... tapi make -up masih simpel....... kapan2 aq bawa semua make-up ku trus ajarin nyaaaa *.*

    -rhea-

    BalasHapus
  3. hi sis kupernah beli etude di ol shop di fb namanya minnie happy shop, asli sis, koleksinya lengkap pula ada skin food, face shop, sampe laneige, n harga lebih murah dari counter, emang etude bagussss abis koleksinya, kalo soal kosmetik ku juga suka pake Oriflame, emang sih agak susah mesennya kan krn tuh mlm gitu, tapi kualitasnya yah bagus kok sis ^^ nice blog sis, krn kujuga cosmeticholic hehehe btw aku penasaran ama produk kiehls neh, di indo ada jual g sih?

    BalasHapus
  4. wah, sama aku juga setiap kali ke kampus pake Pixy Two Way Cake. ^_^ memang bener, murah meriah tp kualitasnya oke.

    BalasHapus
  5. haiiii....salam kenal.
    ya ampuuun, alat lenongnya banyak ajah^^
    aku juga lagi mo nyoba TWC Pixy. semoga oil controlnya bagusss..
    aku kursus make-up di youtube hehehe. gratissss.....

    BalasHapus